Selasa, 29 Mei 2012


BMTC Sediakan Tempat Penginapan Untuk Peserta Diklat dari Luar Batam

BATAM- PT Barelang Maritim Training Centre (PT BMTC) menyediakan tempat (mess) bagi mereka yang ikut pendidikan dan latihan (diklat) Basic Safety Training (BST) Online yang berasal dari luar Batam. Tempat penginapan sendiri disediakan di lokasi PT BMTC di Golden Golden Fish Jembatan II Barelang. "Kami tidak membuka diklat di luar Batam. Bagi peserta dari luar disediakan mess di lokasi diklat. Untuk penginapan selama 8 hari diklat, kami hanya mengenakan biaya Rp100 ribu per hari," kata Komang Yastara, Operasional Manager PT BMTC, beberapa waktu lalu.

Dari biaya tersebut, sudah sudah termasuk biaya penginapan, sarapan dan makan malam, setiap hari selama 8 hari. Untuk makan siang, biayanya sudah tergabung dalam biaya diklat yang sebesar Rp2,5 juta.

Selama ini, mereka yang ingin memiliki sertifikat BST Online yang resmi, terpaksa harus jauh-jauh datang ke Jakarta. Dengan kehadiran PT BMTC selaku pengeluar sertifikat BST Online resmi di Batam, merupakan kabar gembira bagi para pelaut di Kepri dan sekitarnya yang ingin memiliki sertifikat tersebut. Dan selain bisa menghemat biaya, peserta yang mengikuti diklat di PT BMTC juga diberikan Buku Pelaut (Seaman Book) secara cuma-cuma, selain sertifikat BST Online resmi.

"Mengikuti diklat di PT BMTC, dapat sertifikat BST Online plus Seaman Book," imbuhnya.

Berdasarkan peraturan Kementerian Kelautan Indonesia, setiap pelaut di Indonesia harus memiliki Seaman Book dengan memiliki 10 digit angka Seafarer Code, dan terdaftar di situs Kementerian Perhubungan Laut di www.pelaut.go.id. Salah satu syarat mutlak untuk memiliki Seaman Book, para pelaut tersebut harus terlebih dahulu memiliki Sertifikat BST Online resmi.

Dalam biaya Rp2,5 juta itu, juga sudah termasuk biaya sertifikat BST Online, seaman book, akomodasi makan siang setiap hari, coffee break dan snack 2 kali selama 8 hari, baju kaos BMTC, 1 buku diklat, 1 buah pena, pemakaian alat praktek seperti pemakaian alat pemadam api besar menggunakan hydrant, Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dari jenis air, busa, CO2 dan powder. Selain itu, juga telah termasuk pemakaian life jacket, life raft, life boat dan life ring.

Untuk informasi dan pendaftaran, silahkan langsung datang ke lokasi diklat di nomor telepon 0778-7001246, atau bisa juga mendatangi Kantor Harian Umum Haluan Kepri di nomor telepon 0812-77045804.

"Maksimal peserta setiap gelombang adalah 20 orang. Jika sudah mencukupi, diklat akan langsung dimulai," tutup Komang. (cw35)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar